Berkomunikasi sangatlah diperlukan
Bagaimana cara kamu berkomunikasi?..
Hanya 7 % tentang bagaimana kita berkomunikasi dengan kata-kata. Lebih dari 55% dari cara kita berkomunikasi adalah melalui bahasa tubuh.
Pikirkan bagaimana anda dapat menemukan dan menentukan nada suara anda (38%)
Pikirkan tentang bahasa yang anda gunakan, apakah anda menggunakan kata-kata penyemangat
Apakah itu mudah untuk dipahami untuk mereka yang bahasa pertamanya bukan bahasa inggris
Bagaimana cara kita berkomunikasi yaitu melalui Visual, Verbal dan Vocal
Visual
Siapa yang mengetahui apa itu Visual effective?
Bahasa tubuh yang tepat, Expresi wajah, Gerakan tubuh yang sesuai dengan tangan dan Postur yang sesuai dengan tubuh.
* Kesadaran diri - Melalui kontak mata - Tetap berdiri ( tapi bukan seperti patung) - keterbukaan/Bersahabat, Raut wajah yang tersenyum.
* Sikap yang positif - Penuh perhatian -Menarik
* Alat peraga - Handouts, ide lain untuk membuat pengarahan point Visual
Verbal
Siapa yang mengetahui apa itu Verbally effective?
Menggunakan bahasa sesuai yang digunakan team kerjanya.
* Efektif dalam proyeksi suara/nada/tekanan.
* Bahasa yang positif - Berfikir positif - Berbicara positif.
* Menjelaskan arti dari kata-kata baru, Implementasi pada perubahan berarti membuat perubahan yang akan terjadi.
* Menjelaskan/ membantu memahami nilai pemahaman, seperti membuat Tim kerja memahaminya.
* Mengajukan lebih banyak pertanyaan terbuka untuk dapat melihat pemahamannya dan melibatkan Tim dalam kegiatan.
Vocal
Siapa yang mengetahui apa itu Vocally effective?
Tegas dan nada bersahabat.
* Berbicara dengan orang dewasa ke orang dewasa, tidak seperti berbicara orang dewasa ke anak kecil.
* Menyesuaikan kecepatan suara, berbicara lebih perlahan jika dibutuhkan, terutama jika perlu memproyeksikan suara atau diijinkan oleh yang lain untuk menyerap pesan/ bahasa inggris bukan bahasa utama.
* Tekanan, berhenti sebentar untuk barnafas atau untuk melihat sekitar, merubah nada dan volume pada suara.
Hanya 7 % tentang bagaimana kita berkomunikasi dengan kata-kata. Lebih dari 55% dari cara kita berkomunikasi adalah melalui bahasa tubuh.
Pikirkan bagaimana anda dapat menemukan dan menentukan nada suara anda (38%)
Pikirkan tentang bahasa yang anda gunakan, apakah anda menggunakan kata-kata penyemangat
Apakah itu mudah untuk dipahami untuk mereka yang bahasa pertamanya bukan bahasa inggris
Bagaimana cara kita berkomunikasi yaitu melalui Visual, Verbal dan Vocal
Visual
Siapa yang mengetahui apa itu Visual effective?
Bahasa tubuh yang tepat, Expresi wajah, Gerakan tubuh yang sesuai dengan tangan dan Postur yang sesuai dengan tubuh.
* Kesadaran diri - Melalui kontak mata - Tetap berdiri ( tapi bukan seperti patung) - keterbukaan/Bersahabat, Raut wajah yang tersenyum.
* Sikap yang positif - Penuh perhatian -Menarik
* Alat peraga - Handouts, ide lain untuk membuat pengarahan point Visual
Verbal
Siapa yang mengetahui apa itu Verbally effective?
Menggunakan bahasa sesuai yang digunakan team kerjanya.
* Efektif dalam proyeksi suara/nada/tekanan.
* Bahasa yang positif - Berfikir positif - Berbicara positif.
* Menjelaskan arti dari kata-kata baru, Implementasi pada perubahan berarti membuat perubahan yang akan terjadi.
* Menjelaskan/ membantu memahami nilai pemahaman, seperti membuat Tim kerja memahaminya.
* Mengajukan lebih banyak pertanyaan terbuka untuk dapat melihat pemahamannya dan melibatkan Tim dalam kegiatan.
Vocal
Siapa yang mengetahui apa itu Vocally effective?
Tegas dan nada bersahabat.
* Berbicara dengan orang dewasa ke orang dewasa, tidak seperti berbicara orang dewasa ke anak kecil.
* Menyesuaikan kecepatan suara, berbicara lebih perlahan jika dibutuhkan, terutama jika perlu memproyeksikan suara atau diijinkan oleh yang lain untuk menyerap pesan/ bahasa inggris bukan bahasa utama.
* Tekanan, berhenti sebentar untuk barnafas atau untuk melihat sekitar, merubah nada dan volume pada suara.
Penting Diingat!
ReplyDelete• Kesan pada pertemuan pertama sangat penting karena menentukan kesuksesan networking Anda. Tentu Anda ingin dianggap sebagai pribadi yang menarik, berpengetahuan luas, dan dapat dipercaya, bukan?
• Lihatlah ke cermin sebelum meninggalkan rumah dan tanyakan pada diri sendiri: "Pesan apa yang saya kirimkan kepada orang yang pertama kali bertemu saya? Pendapat apa yang akan mereka miliki tentang saya bahkan sebelum saya membuka mulut?"
• Sebelum Anda menjadi tuan rumah acara Anda sendiri, ajak teman tepercaya ke pertemuan networking dan minta mereka memberi Anda umpan balik langsung dan jujur tentang bahasa tubuh Anda. Sedikit umpan balik dapat membantu Anda menampilkan diri sebaik mungkin.
Terimakasih Maesaroh👍
DeleteSemoga Komunikasi kita menjadikan kita lebih percaya diri dan sukses
DeleteBelajar mendengarkan
ReplyDeleteKomunikasi itu bukan cuma soal berbicara, tapi juga mendengarkan. Ya, namanya juga dua arah, jadi prosesnya juga harus mendukung untuk terciptanya koneksi dua arah. Lagipula, kamu nggak akan bisa berkomunikasi efektif dan terkoneksi dengan seseorang kalau kamu nggak tahu hal terbaik dari dirinya, bukan?
Maka dari itu, jika kamu ingin punya komunikasi yang mendalam dengan lawan bicaramu, cobalah untuk mendengarkan setiap pesan yang lawan bicaramu sampaikan. Bahkan kalau perlu,tahan dulu egomu sejenak.
2. Mengerti bahasa tubuh mereka
Ada banyak macam komunikasi yang terjadi antar personal. Bukan cuma soal komunikasi lisan dari mulut aja, komunikasi dari bahasa tubuh juga sering banget dilakukan apalagi dalam dunia kerja. Hal ini penting banget untuk kamu mengerti, terutama untuk membaca mood mereka saat berkomunikasi denganmu.
Lewat bahasa tubuh, kamu bisa mengetahui mood yang sedang menempel pada lawan bicaramu. Dengan begitu, kamu jadi bisa tahu jenis komunikasi apa yang cocok untuk situasi lawan bicaramu.
3. Jadi dirimu sendiri
Setiap orang itu unik, dan punya karakteristiknya sendiri. Kamu mungkin terinspirasi sama seseorang, atau tokoh apapun. Tapi, dalam berkomunikasi, menonjolkan hal otentik dari dirimu sendiri justru akan membuat orang bisa lebih terkoneksi denganmu.
Kalau bicara soal menjadi diri sendiri, hal pertama yang kamu perlu lakukan yang tentu aja mengenal dirimu dengan baik. Cobalah untuk mengeksplor apa yang terbaik dari dirimu deh. Hal ini menolong banget dalam proses komunikasi interpersonal.
4 .Bicara yang jujur
Percaya lah, di dunia ini nggak ada satu orang pun yang senang dibohongi. Apalagi soal hubungan dalam pekerjaan. Duh, emangnya kamu berani bohong di depan atasanmu, atau rekan kerjamu? Jangan lah, kepercayaan itu mahal loh.
Maka dari itu, karena kepercayaan itu susah banget didapat, cobalah untuk bersikap jujur saat berkomunikasi dengan lawan bicaramu. Eits, tapi ingat juga yah, jujur itu terkadang bukan berarti harus terlihat bodoh. Terkadang ada hal yang nggak perlu kamu ungkapkan kok.
5. Tunjukkan integritasmu
Dalam dunia kerja, integritas itu penting banget untuk dimiliki. Begitu pula dengan yang namanya berkomunikasi. Seseorang akan dinilai lebih saat mereka punya integritas di bidang apapun yang mereka jalani. Untuk itu, jika kamu ingin dihargai dalam sebuah proses komunikasi
This comment has been removed by the author.
DeleteTerimakasih Aulia darmawan👍
DeleteSemoga kita dapat lebih membangun kepercayaan siri kita lewat komunikasi yang baik.
Ya komunikasi sangat penting untuk dapat memahami dan di pahami oleh orang sekitar
ReplyDeleteTerimakasih Zefanya👍
DeleteSemoga dengan komunikasi kita dapat saling memahami
Arti penting Komunikasi,
ReplyDeleteKomunikasi adalah suatu proses atau kegiatan penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Komunikasi adalah prasyarat kehidupan manusia. Kehidupan manusia akan tampak hampa apabila tidak ada komunikasi. Karena tanpa komunikasi, interaksi antar manusia, baik secara perorangan, kelompok, ataupun organisasi tidak mungkin dapat terjadi. Dua orang dikatakan melakukan interaksi apabila masing-masing melakukan aksi dan reaksi. Aksi dan reaksi dilakukan manusia baik secara perorangan, kelompok, atau organisasi.
Fungsi dari Komunikasi adalah sebagai informasi ( to inform ) , mendidik ( to educated ) , menghibur ( to entertain ), memengaruhi ( to influence ).
Terimakasih Rachel👍
DeleteSemoga dengan komunikasi yang baik informasi dapat tersampaikan Dengan baik pula.
Komunikasi saat ini penting demi senantiasa menjaga hubungan yang cukup baik, menghindarkan diri dari kesalahpahaman, alangkah baiknya kita memberikan kesan pertama yang baik pada saat berkomunikasi dengan orang lain.
ReplyDeletePengertian komunikasi dapat dimaknai sebagai jalannya proses dimana seseorang maupun sekelompok orang menciptakan serta menggunakan sejumlah informasi agar saling terhubung dengan lingkungan sekitar. Secara umum komunikasi dapat dilakukan secara verbal serta dapat dipahami oleh kedua belah pihak berkaitan.
Terimakasih bunga Indah👍
DeleteSemoga dengan komunikasi yang baik akan tercinta hubungan yang harmonis.
Sebagai makhluk sosial yang selalu berhubungan dengan orang lain maka komunikasi adalah salah satu sarana untuk terkoneksi dengan orang dikeliling kita. Ada komunikasi yang bersifat verbal dan ada pula yang bersifat non verbal. Komunikasi verbal adalah komunikasi yang terjadi dengan berbicara pada orang lain sedangkan non verbal adalah komunikasi yang terjadi melalui perantara atau media. Dalam komunikasi verbal maka sangat penting untuk bisa menyusun kata-kata yang keluar dari mulut kita menjadi sebuah informasi yang dapat dimengerti, berguna dan menarik bagi orang lain. Komunikasi yang jelas akan membuat orang lain memperhatikan dan menghargai apa yang kita bicarakan. Teknik berkomunikasi/bicara yang baik tentu akan diperlukan terutama bagi orang-orang yang bekerja dengan menggunakan keahlian berkomunikasi.
ReplyDeleteTerimakasih Diana Septika👍
DeleteSemoga dengan komunikasi yang jelas orang lain dapat memperhatikan dan menghargai apa yang kita bicarakan.
Komunikasi menjadi penting karena fungsi yang bisa dirasakan oleh pelaku komunikasi tersebut. Melalui komunikasi seseorang menyampaikan apa yang ada dalam benak pikirannya dan perasaan hati nuraninya kepada orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung.
ReplyDeleteTeimakasih Haikal👍
DeleteDengan komunikasi yang baik semoga pesan kita dapat tersampaikan.
Komunikasi jelas tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan umat manusia, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat. Ia diperlukan untuk mengatur tatakrama pergaulan antar manusia, sebab berkomunikasi dengan baik akan memberi pengaruh langsung pada struktur keseimbangan seseorang dalam bermasyarakat, apakah ia seorang dokter, dosen, manajer, pedagang, pramugari, pemuka agama, penyuluh lapangan, pramuniaga, dan lain sebagainya. Sehingga, keberhasilan dan kegagalan seseorang dalam mencapai sesuatu yang diinginkan termasuk karir mereka, banyak ditentukan oleh kemampuannya berkomunikasi.
ReplyDeleteTerimakasih Theresia Jean👍
DeleteSemoga dengan kemampuan kita berkomunikasi dengan baik dapat menunjang karir kita agar dapat lebih baik
Sebagai makhluk sosial, kita tidak bisa menghindar dari tindakan komunikasi menyampaikan dan menerima pesan dari dan ke orang lain. Tindakan komunikasi ini terus menerus terjadi selama proses kehidupannya. Prosesnya berlangsung dalam berbagai konteks baik fisik, psikologis, maupun sosial, karena proses komunikasi tidak terjadi pada sebuah ruang kosong. Pelaku proses komunikasi adalah manusia yang selalu bergerak dinamis. Komunikasi menjadi penting karena fungsi yang bisa dirasakan oleh pelaku komunikasi tersebut. Melalui komunikasi seseorang menyampaikan apa yang ada dalam benak pikirannya dan perasaan hati nuraninya kepada orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung. Melalui komunikasi seseorang dapat membuat dirinya tidak merasa terasing atau terisolasi dari lingkungan di sekitarnya.
ReplyDeleteKomunikasi memelihara dan menggerakkan kehidupan. Ia juga sebagai penggerak dan alat untuk menggambarkan aktivitas masyarakat dan peradaban; ia dapat mengubah insting menjadi inspirasi melalui berbagai proses dan sistem untuk bertanya, memerintah dan mengawasi; ia dapat menciptakan suatu tempat menyimpan ide bersama, memperkuat perasaan kebersamaan dengan tukar menukar berita dan mengubah pemikiran menjadi tindakan, yang menggambarkan setiap emosi dan kebutuhan mulai dari usaha mempertahankan hidup yang paling sederhana sampai dengan usaha manusia yang sangat ilmiah atau penghancuran
Terimakasih Mega Indah👍
DeleteSemoga dengan komunikasi kita mampu menyampaikan setiap pesan dengan baik
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteKomunikasi sangatlah penting dalam kehidupan, kita tidak bisa menghindari komunikasi karena dengan adanya komunikasi kita disebut mahkluk sosial dengan begitu kita dengan komunikasi sudah diciptakan berdampingan .
ReplyDeleteTerimakasih Pius Saka👍
DeleteKita adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain.
Komunikasi menjadi penting karena fungsi yang bisa dirasakan oleh pelaku komunikasi tersebut. Melalui komunikasi seseorang menyampaikan informasi secara jelas dan lengkap
ReplyDeleteTerimakasih Theo rufus 👍
DeleteDengan komunikasi yang baik Semoga informasi yang kita sampaikan dapat terima dengan jelas dan lengkap
Komunikasi adalah suatu proses atau kegiatan penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Komunikasi adalah prasyarat kehidupan manusia. Kehidupan manusia akan tampak hampa apabila tidak ada komunikasi. Karena tanpa komunikasi, interaksi antar manusia, baik secara perorangan, kelompok, ataupun organisasi tidak mungkin dapat terjadi. Dua orang dikatakan melakukan interaksi apabila masing-masing melakukan aksi dan reaksi. Aksi dan reaksi dilakukan manusia baik secara perorangan, kelompok, atau organisasi.Komunikasi menjadi penting karena fungsi yang bisa dirasakan oleh pelaku komunikasi tersebut.
ReplyDeleteAlfira sunardi xi aph 1 ^
DeleteTerimakasih Alfira👍
DeleteKomunika dapat terjadi bila adanya aksi dan reaksi
Dalam komunikasi juga sangat penting untuk bisa menyusun kata-kata yang keluar dari mulut kita menjadi sebuah informasi yang dapat dimengerti, berguna dan menarik bagi orang lain. Komunikasi yang jelas akan membuat orang lain memperhatikan dan menghargai apa yang kita bicarakan. Teknik berkomunikasi/bicara yang baik tentu akan diperlukan terutama bagi orang-orang yang bekerja dengan menggunakan keahlian berkomunikasi
ReplyDeleteBerkomunikasi dengan baik akan sangat membantu untuk bisa saling memahami satu sama lainnya, menghindari kesalahpahaman
ReplyDeleteKomunikasi sangat penting karena
ReplyDeleteadanya suatu keperluan (keinginan) yang harus diselesaikan dan diperbincangkan secara berdua atau berbondong2 dalam menuntaskan suatu permasalahan yang hanya bisa dituntaskan hanya lewat komunikasi kepada kerabat terdekat. Adanya suatu masalah menyelesaikannya dengan cara dikomunikasikan ini baik untuk menambah keeratan dalam berteman, persaudaraan, maupun kekeluargaan.
Naomi Ravenatando
XI APH 2