Entrepreneurship dibutuhkan semua orang, termasuk Anda!

Entrepreneurship bukan merupakan ilmu ajaib yang mendatangkan uang dalam waktu sekejap, melainkan sebuah ilmu, seni, dan keterampilan untuk mengelola semua keterbatasan sumber daya, informasi, dan dana yang ada, guna mempertahankan hidup, mencari  nafkah atau meraih posisi puncak dalam karir.

Menurut tokoh Pendidikan Entrepreneurship Bapak Ciputra.

" Entrepreneurship bukan cuma diartikan sebagai keterampilan bisnis. Lebih penting dari itu. Entrepreneurship adalah sikap kreatif, inovatif, dan berani mengambil keputusan sehingga dijadikan sikap hidup bahkan karakter bangs Indonesia."
( Sumber Kemp's, selasa, 30 November 2009)

Entrepreneurship itu dibutuhkan setiap orang, termasuk anda!

Setiap orang memiliki waktu 24 jam yang sama. Tidak lebih dan tidak kurang, dan semua adil, namun, mengapa ada yang kaya dan ada yang miskin? Ada yang bodoh dan ada yang pandai? Ada yang sukses meraih impianya? Ada juga yang gagal dan frustasi? Lalu miskin.

Apa yang dimiliki orang pada awalnya adalah sama, yang membedakannya bukanlah karena Tuhan tidak adil, tetapi ada pada apa yang dipikirkan, direncanakan, dan dilakukan, dibandingkan dengan orang lain. 

Untuk mencapai kesuksesan, anda harus berpikir berbeda, setelah anda menyadari bahwa......
Anda telah berada dipuncak yang lebih tinggi dari teman sebaya anda. Maka di saat itulah rasa bersyukur anda datang ( Hendro, November 2009).

Para entrepreneurship itu selalu bangga pada prestasi yang mereka raih selama ini. Mereka mempunyai sikap dan karakteristik yang berbeda dengan pribadi-pribadi yang lain. Tetapi mereka tidak diciptakan berbeda dengan pribadi- pribadi lain itu dan diberikan keberuntungan   tidak lebih dari anda.

Semua orang itu sama. Artinya, mereka dilahirkan sama dan dibekali kemampuan menjadi manusia yang utuh, normal, dan berpikir baik. Yang membuat setiap orang berbeda adalah proses perjalanan hidup yang dilaluinya. Perbedaan itu terjadi karena yang dipikirkan dan dilakukan Orang-orang itu menuju kearah yang berbeda. Akibatnya pribadi yang satu meraih kesuksesan menjadi pekerja yang berhasil dan pribadi yang satunya menjadi entrepreneurship yang sukses. Pribadi yang satu bisa saja menjadi miskin dan pribadi yang lain bisa menjadi kaya ( bebas dari kesulitan keuangan- Financial Freedom).

Tentunya anda akan memilih menjadi pekerja yang sukses, bukan? Juga memilih menjadi entrepreneurship yang berhasil, bukan? Anda dapat melakukan dan mewujudkan hal yang sama dengan menjadi entrepreneurship yang cerdas. Kesuksesan itu tidak pandai memilih dan tidak suka dipilih oleh orang yang tidak siap menerimanya. Kesuksesan akan hinggap pada orang yang telah berusaha keras untuk meraih nya.


Comments

  1. Nabila Hasna (X TB 2)

    entrepreneurship merupakan orang yang menjalankan wirausaha dengan konsep dan berkonsisten. entrepreneur sangat dibutuhkan bagi semua orang karena secara tidak langsung ketika seorang entrepreneur membangun usahanya, otomatis mereka membuka lapangan pekerjaan baru bagi orang lain yang sedang mencari pekerjaan

    ReplyDelete
  2. Menurut saya kita sebagai enterprenur harus berani mengambil resiko dan menerima nya dan harus berusaha sebagai enterprenur dalam bentuk apapun

    ReplyDelete
  3. Berliana Aura Nauli Sinaga
    X TB 2
    Entrepreneur ialah seorang yang mempunyai bisnis / usaha dan memiliki jiwa entrepreneur yang kuat, berkeja keras dan menghasilkan kesuksesan. Bahkan dengan modal yang kecil kita sudah menghasilkan suatu produk bila kita kembangkan dengan baik bisa membuat suatu usaha yang sukses. Berkat adanya entertainment membuka lapangan perkerjaan

    ReplyDelete
  4. Ilmu enterpreneurship dapat saya aplikasikan ke dalam kehidupan sehari" saya, ketika saya memutuskan untuk membuka lapangan pekerjaan saya sendiri dan dengan bantuan orang lain sebagai mitra kerja saya. Dengan ilmu enterpreneurship kerja keras dan semangat yang tinggi saya bisa menjadi pribadi yang sukses di bidang saya, dan bermanfaat bagi orang banyak. -salsabilaX.tb2

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Ananda kiran k.
    XTB.2

    Menurut saya...
    Entrepreneurship adalah suatu usaha untuk menciptakan nilai melalui pengamatan atas suatu kesempatan bisnis, dengan melakukan manajemen terhadap risiko yang mungkin timbul serta keterampilan untuk berkomunikasi serta memobilisasi sumber daya yang ada terutama sumber daya manusia sehingga dapat menciptakan sesuatu yang menghasilkan.

    ReplyDelete
  7. Yusi Wahyuni
    X TB 1
    saya setuju bahwa entrepreneurship dibutuhkan oleh semua orang, karena setiap orang memiliki inovasi dan kreativitasnya masing masing yang dapat dikembangkan menjadi hal yang memiliki nilai jual, selain mempelajari culinary kita juga harus mempelajari ilmu entrepreneur, karena dengan begitu kita tidak hanya belajar bagaimana mengolah produknya tetapi kita mempelajari bagaimana produk itu untuk sampai ke konsumen baik dalam pengolahan, penyajian, dan marketing penjualanya, selain itu dampak positif dari entrepreneurship ini bisa untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia dengan membuka lapangan pekerjaan.

    ReplyDelete
  8. Enterpreneurship menurut saya adalah orng yang membuka usaha dan bertahan secara cerdas dan tetap waras walaupun di dera masalah keuangan,tidak mundur saat bisnis gagal dan tidak kembali menjadi seorang karyawan walaupun tidak memiliki uang.

    ReplyDelete
  9. Enterpreneurship menurut saya adalah seseorang yang pandai dalam mengatur usahanya sendiri, banyak sekali pemikiran kreativitas yang sangat tinggi untuk produk"nya, dan juga pemikiran untuk orang enterpreneur sangat terbuka wawaannya karna ia selalu ingin mencari hal" yang baru.Dan sebagai seseorang pengusaha harus melawan kegagalan dan juga berusaha untuk melakukan yang terbaik dan semua kalau dilakukan secara niat dan hati yang baik semua akan lancar dalam menjalaninya.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Brian Yudha Pratama
    X TB-1

    Dengan menjadi enterpeneur saya bisa mengapresiasikan ilmu yang saya didapat di jenjang pendidikan. Saya bisa menjual produk ataupun jasa sesuai dengan prinsip dan karakter diri saya sendiri tanpa harus berpura-pura menjadi oranglain.
    Dengan enterpreneur menjadikan saya pribadi yang tangguh,gigih dan bekerja keras. Saya bisa memiliki ruang lingkup yang luas dan memperluas hubungan sosial dengan banyak jaringan.

    ReplyDelete
  12. Riyan X TB2

    Menurut saya entrepreneur adalah seorang yang melakukan atau mengatur usahanya sendiri, berkreativitas untuk membuat produknya di minati oleh banyak orang,dan entrepreneur ini berpikiran wawasan luas dan memikirkan potensi yang bisa dia dapat mencari hal hal yang baru berani untuk gagal dan berusaha yang terbaik untuk konsumennya dan dapat membuka lapangan pekerjaan.

    ReplyDelete
  13. Izzul atsani aries hapsari
    X TB 2
    Menurut saya
    Menurut saya
    Entrepreneur adalah sebuah proses inovasi dan penciptaan spekulasi baru melalui empat dimensi utama individual, organisasi, lingkungan, proses dan dibantu dengan kerjasama jaringan dalam pemerintahan, pendidikan, dan institusi. Semua posisi makro dan mikro dari hal yang berhubungan dengan pemikiran entrepreneur harus dipertimbangkan dalam pengenalan dan pengukuran peluang yang bisa dikonversikan ke dalam ide – ide yang dapat dipasarkan yang mampu bersaing untuk implementasi ekonomi hari ini.

    ReplyDelete
  14. Diajeng Arshillah Maharani
    X TB 2

    Saya sangat setuju dengan judul ini yaitu "Entrepreneurship dibutuhkan semua orang, termasuk Anda!".Entrepreneurship merupakan sebuah ilmu dimana orang yang memiliki ilmu tersebut pasti sangatlah terlihat dari sikapnya yang kreatif dan berani.Di zaman yang semakin maju,dimana semua kebutuhan sudah tersedia,munculah ide ide baru,yang sebelumnya sulit kini menjadi mudah,dari sapu ijuk menjadi vacuum cleaner.Menjadi seorang Entrepreneur mungkin terdengar sulit bagi kita yang pemula bahkan untuk kita yang baru ingin memulai dunia ini,tetapi menjadi seorang Entrepreneur merupakan sebuah kebebasan,kebebasan dalam mengekspresikan diri,kebebasan dalam jam kerja,dan bebas memilih siapa rekan kerjamu,ditambah lagi menjadi seorang entrepreneur sangatlah membantu orang orang yang sedang mencari lapangan pekerjaan.
    Saya membaca sebuah kalimat dalam sebuah buku yang menurut saya sangat pas untuk mencerminkan seorang entrepreneur "ketika satu ton kotoran binatang tiba-tiba jatuh dari langit,orang yang beruntung akan melihatnya bukan sebagai kotoran melainkan sebagai pupuk dan mencari sesuatu yang bisa ditanam dan tumbuh",orang yang beruntung adalah seorang entrepreneur,mereka sangat fleksible dan selalu memiliki kesempatan dalam hal apapun.

    Sekian,mohon maaf apabila ada kesalahan dalam berkata-kata dan Terimakasih:)

    ReplyDelete
  15. Ukhti Ummaya
    X TB 2

    Entrepreneurship merupakan jiwa entrepreneur yang terdapat pada seseorang, kekreativan, serta usaha-usaha yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan yang menguntungkan. Jiwa entrepreneurship sangat dibutuhkan oleh semua orang, karena dapat mengubah nasib dirinya dan orang-orang disekitarnya menjadi lebih baik

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Saya setuju, karena setiap orang memiliki porsi yang berbeda dalam kretivitas, tapi akan lebih baik agar kita asah kembali kreativitas kita supaya menjadi peluang usaha. Seperti, hobi saya memasak, saya asah kembali dengan cara masuk jurusan tata boga, serta saya memiliki cita-cita untuk membuka kedai. Dalam artian saya sudah memiliki peluang usaha. Cukup kita garap lagi agar mendapat hasil yang memuaskan.

    ReplyDelete
  18. Menurut saya, memang benar adanya bahwa kemampuan berwirausaha harus dimiliki semua orang. Tentunya kita tidak bisa selamanya menjadi pekerja di sebuah perusahaan. Jika perusahaan itu bangkrut, apa yang kemudian harus kita lakukan? Bagaimana jika usia kita tidak lagi masuk batas usia perekrutan? Disitulah entrepreneurship akan menyelamatkan hidup kita, dan mungkin orang lain jika kita berhasil membuka lapangan pekerjaan.

    Entrepreneurship adalah berpikir hingga masa depan. Untuk menjadi pengusaha sejati, kita harus berpikir sesuatu yang belum ada sebelumnya. Diperlukan kreativitas tanpa batas, keberanian mengambil keputusan, kepercayaan diri, serta ketelitian mengamati sekitar. Menjadi pengusaha memang tak mudah ⁠— perlu belajar dari pengalaman dan intuisi yang baik, tetapi bukan berarti kita tidak bisa menjadi seorang entrepreneur. Dalam diri setiap orang terdapat jiwa kewirausahaan yang akan menajam ketika dilatih terus menerus. Pada akhirnya, ketika kita mencapai kesuksesan, kita sendirilah yang akan menuai yang telah kita tanam.

    ReplyDelete
  19. Vanisa Mutmainnah Dwimor
    X TB 1

    saya setuju dengan judul ini, karena Entrepreneurship adalah sebuah konsep seseorang tentang dirinya yang ingin mengembangkan dan mengelola usaha bisnis dengan harapan untuk memperoleh keuntungan dengan mengambil resiko dalam dunia perekonomian.

    ReplyDelete
  20. Menurut saya, saya setuju semua orang bisa jadi enterpreneur tergantung dengan apa yang mereka pikirkan dan lakukan, apakah itu bisa mengubah mereka menjadi lebih baik lagi atau membuat mereka semakin dibawah karna hal yang mereka inginkan tidak sesuai dengan yang mereka lakukan. Semua orang mempunyai kreativitas dan kepercayaan dirinya masing masing dan pada level yang berbeda-beda tapi jika mereka mau berusaha untuk menjadi lebih baik lagi maka mereka akan mendapatkan apa yang mereka ingin kan dan puas akan hasilnya.

    ReplyDelete
  21. Saya setuju dengan ini, menurut saya semua orang adalah wirausaha dalam arti mereka mampu berdiri sendiri dalam menjalankan usahanya dengan pemikiran yang kreatif dan inovatif mencapai tujuan pribadinya, yang digerakkan oleh ide dan pemikiran.

    ReplyDelete
  22. Saya setuju dan suka dengan artikel ini "Entrepreneurship dibutuhkan semua orang, termasuk Anda!". Karna menurut saya sendiri kewirausahaan/enterpreneurship adalah cara revolusioner untuk meningkatkan cara berfikir kritis , kreativitas dan kemampuan untuk menggunakan ide inovatif untuk membuat perbedaan ,atau dengan kata lain kewirausahaan berarti mampu mengambil ide kecil saya dan mengubah sesuatu yang saya sukai menjadi suatu bisnis. Seperti yang saya lakukan sekarang walau belum dibilang sangat sukses hehehe...saya dan ibu saya suka memasak terutama kue dari situ kami sering mendapat banyak sekali orderan kue kering....

    ReplyDelete
  23. Afifah Thohirah Najla
    X TB1

    Entrepreneur adalah orang yang memiliki suatu keberanian dalam mendirikan suatu usaha atas kekuatan diri sendiri. Pengertian diri sendiri bukan berarti bahwa seseorang bekerja sendirian, namun lebih menekankan pada watak kemandirian dalam menjalankan usaha. Seorang wirausahawan, dalam beberapa literatur, diartikan sebagai seseorang yang memiliki jiwa kreatif, berani mempertaruhkan uang,waktu,dan usaha. Menjadi seorang entrepreneur harus bisa melihat kesempatan atau kemungkinan peluang bisnis yang baru. Sehingga membuat omset usaha meningkat, serta dengan adanya bisnis yang baru dapat menyegarkan selera masyarakat akan kebutuhan. Mencoba usaha baru yang belum pernah ada misalnya. Disinilah wirausaha memiliki fungsi utama sebagai inovator. Inovasi-inovasi terbaru sangatlah dibutuhkan dalam meningkatkan kemajuan usaha, agar bisnis usaha tak cenderung 'stalk' dengan komoditas produk-produk yang sudah ada di pasaran.

    ReplyDelete
  24. Afifah Thohirah Najla
    X TB1

    Entrepreneur adalah orang yang memiliki suatu keberanian dalam mendirikan suatu usaha atas kekuatan diri sendiri. Pengertian diri sendiri bukan berarti bahwa seseorang bekerja sendirian, namun lebih menekankan pada watak kemandirian dalam menjalankan usaha. Seorang wirausahawan, dalam beberapa literatur, diartikan sebagai seseorang yang memiliki jiwa kreatif, berani mempertaruhkan uang,waktu,dan usaha. Menjadi seorang entrepreneur harus bisa melihat kesempatan atau kemungkinan peluang bisnis yang baru. Sehingga membuat omset usaha meningkat, serta dengan adanya bisnis yang baru dapat menyegarkan selera masyarakat akan kebutuhan. Mencoba usaha baru yang belum pernah ada misalnya. Disinilah wirausaha memiliki fungsi utama sebagai inovator. Inovasi-inovasi terbaru sangatlah dibutuhkan dalam meningkatkan kemajuan usaha, agar bisnis usaha tak cenderung 'stalk' dengan komoditas produk-produk yang sudah ada di pasaran.

    ReplyDelete
  25. Xtb2
    disimpulkan bahwa kewirausahaan adalah suatu tindakan yang manusiawi dan kreatif, yaitu membangun suatu nilai dari sesuatu yang praktis tidak ada. Kewirausahaan adalah pencarian peluang tanpa sumber daya atau dengan sumber daya terbatas sekalipun. Kewirausahaan memerlukan visi, pengorbanan dan komitmen untuk memimpin pihak yang lain dalam mencapai visi tersebut.

    Kewirausahaan memerlukan pengambilan resiko yang diperhitungkan. Konsep resiko merupakan unsur utama dalam proses kewirausahaan. Namun, persepsi publik mengenai resiko yang diambil wirausaha mengalami distorsi. Wirausaha tidak seperti berjudi. faktanya adalah wirausaha biasanya bekerja pada suatu resiko yang moderat dan diperhitungkan. Banyak wirausaha yang berhasil bekerja keras dengan perencanaan dan persiapan untuk mengurangi resiko yang ada agar lebih baik mengendalikan nasib dari visi mereka.

    ReplyDelete
  26. Aura Fortuna
    X TB 1
    Saya setuju, karena entrepreneurship dalah proses membuat, mengeluarkan dan menjalankan bisnis baru, yang seringkali awalnya merupakan bisnis kecil. Jadi menurut saya semua orang bisa menjadi seorang entrepreneur dan membuat produk yang berbeda setiap orangnya, untuk menuangkan hasil kreativitas dan inovasi mereka masing-masing.

    ReplyDelete
  27. Angel Frisca Sabilla
    XTB2

    Menjadi seorang Entrepreuner membutuhkan waktu yang tidak mudah dan tidak akan langsung berhasil ssperti orang orang. Entrepreuner membutuhkan usaha keras dan kegagalan yang tidak sedikit untuk mencapai kesuksesan. Jika kita ingin menjadi entrepreuner muda yang sukses maka janganlah banyak mengeluh dan bila kita gagal maka kita sudah sampai tahap dimana kegagalan adalah bagian dari kesuksesan. Jangan menyerah hanya karena sekali gagal.

    Entrepreuner membutuhkan jiwa kreatif dan pantang menyerah. Kita harus lebih kreatif agar usaha kita banyak diminati orabg lain dan kita harus pantang menyerah jika usaha kita tidak sesuai ekspetasi.

    Kesuksesan akan sampai kepada orang orang yang berusaha lebih keras dan mempunyai jiwa peduli. Menjadi pengusaha bukan hanya urusan bos dan pekerja. Tetapi pengusaha harus mementingkan kehidupan pegawai dan tidak hanya mementingkan kinerja si pegawai.

    ReplyDelete
  28. Endang Pratiwi
    X tb 2
    Untuk menjadi seorang entrepreneur,jiwa kita sendiri harus memiliki berbagai macam nilai di dalamnya, dan juga kita harus mempunyai niat untuk menjalankannya jika tidak ada niat dan keyakinan maka akan sulit kita menjadi seorang entrepreneur. Jadikan niat dan keyakinan untuk berwirausaha sebagai pondasi Anda membangun sebuah bisnis. Jika sudah berniat untuk berbisnis, langkah selanjutnya adalah menumbuhkan keyakinan Anda untuk membangun bisnis menjadi nyata dan meraih sukses.

    ReplyDelete
  29. Nisrina Wulan Suci
    X TB 1

    Saya setuju dengan artikel ini karna menjadi Entrepreneur merupakan orang yang berani menciptakan peluang dan mengambil resiko tertentu untuk membuat suatu usaha sendiri. Dalam hal ini tujuan yang dicapai adalah untuk mendapatkan nilai-nilai perekonomian yang menunjang. Baik itu untuk wirausaha sendiri, maupun untuk orang lain yang terikat dengan usaha tersebut.

     

    ReplyDelete
  30. Menurut saya seorang entrepreneur pasti memiliki jiwa pengusaha, di mana mereka dapat memanfaatkan peluang dari setiap bisnisnya atau orang yang terjun ke dalam suatu bisnis

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Digitalpreneur (Bisnis Daring)

Cara menyimpan bahan makanan

Keluarga Kelas Menegah pun sangat berdampak pada COVID-19