Cara membuat donat tanpa mixer


  1. Sebagai panganan ringan, jamuan minum teh, cemilan keluarga, atau buah tangan untuk keluarga. Siapa yang tidak suka dcemilan satu ini yang lingkaran bolong tengahnya semua pasti tahu namanya DONAT, bagaimana kalau kita coba buat donat ini tanpa Mixer, cukup di uleni saja jadi deh donat lezat.


Bahan :

  1. 250 gram     tepung terigu cakra kembar /25 sdm
  2. 2 butir           kuning telur
  3. 2 Sdm           Gula halus
  4. 1 sdt              ragi/yeast
  5. 1 sdt              Gula pasir
  6. 4 sdm            Air hangat
  7. 2 sdm           susu bubuk 
  8. 3 sdm            Mentega/margarin
  9. 120 ml          Air suhu ruang
  10. Sejumpit garam

Cara membuat :

1. Siapkan yeast/ragi di dalam mangkuk  kemudian tambahkan gula dan air hangat tutup wabah diadakan selama 10 menit hingga yeast berbuih yang tandanya yeast masih hidup atau masih berfungsi dengan baik, sehingga dalam proses pembuatan donat ini menjadi lebih mengembang.

2. Masukkan semua bahan tepung, telur, yeast/ragi susu, gula halus kemudian airnya tuang sedikit demi sedikit.

3. Uleni sampai setelah kalian masukkan margarine dan garam, setelah kalis istirahatkan 45 menit sampai mengembang 2 kali lipat, jangan lupa adonan ditutup ya saat menunggu mengembang.


3. Saat sudah mengembang 2 kali lipat tinju adonan agar gas yang terdapat didalam adonan keluar, kemudian bagi adonan masing-masing 40-50 gr bentuk bola-bola kemudian diamkan (proving) selama 15 menit

4. Lubangi adonan dengan telunjuk atau menggunakan cetakkan donat, kemudian diamkan adonan (proving kembali) selama 15 menit, setelah adonan benar benar ruangan baru goreng satu kali balik agar terlihat kucing keemasan, angkat dan sajikan jangan lupa beri topping sesuai segera.


Selamat Mencoba👍

Comments

Popular posts from this blog

Digitalpreneur (Bisnis Daring)

Cara menyimpan bahan makanan

Keluarga Kelas Menegah pun sangat berdampak pada COVID-19